Bingung Milih Jurusan?

Buat anak-anak kelas 1 SMA mungkin pada bingung mau masuk IPA atau IPS, atau yang kelas 2 mulai bingung mau masuk jurusan apa pas kuliah, atau malah yang kelas 3 sekarang habis lulus belom tau mau milih jurusan apa & lagi nyari-nyari bahan. Oke, gw yakin kalo buat anak kelas 1 nggak sebingung itu, soalnya pilihannya emang cuma ada dua biji (mungkin juga ada tambahan pilihan: bahasa), & biasanya sih anak-anak yang ngerasa alim & sering jadi korban dibully anak-anak laen milih IPA buat menghindar dari preman-preman sekolah. Tapi jangan salah, preman juga bisa masuk IPA loh! Gak percaya? Bener, kok. Buktinya pas gw SMA anak yang paling terbully di angkatan gw itu anak IPS & yang ngebully sekelompok anak IPA (apa gw termasuk? Tanyakan saja ke korbannya dia merasa gw bully apa nggak, kalo gw sih merasa ikut ngebully dia). Yah, normalnya sih anak IPS ngebullynya lebih parah, tapi buat 1 kali ini sih kasusnya dia dibully anak IPA, & lebih parah daripada pas dibully anak IPS.

Ah, jadi ngelantur ke mana-mana. Sekarang kita mulai langkah pertama untuk yang masih kelas 1: jangan sembarangan milih, Nak! Btw, gw mendadak jadi kepengen nulis tentang ini habis baca post ini. Nah, kembali ke topik: JANGAN SEMBARANGAN! Sebenernya sih mau sembarangan juga kagak kenapa-kenapa sih, cuma kalo mau ngelancarin jalan sih mendingan jangan sembarangan dah. Soalnya kasus yang banyak kejadian sih anak IPA masuk jurusan yang nggak ada hubungannya sama IPA, semacem DKV, manajemen, SI, psikologi, & yang lain-lain. Kalo DKV sih sebenernya nggak masalah mau dari IPA atau IPS, soalnya kayaknya pelajaran IPS juga nggak banyak dibawa di jurusan DKV (ada sejarah seni sih setau gw, tapi kayaknya cuma itu doang). Kalo SI (baca: sistem informasi)? Gw denger dari temen gw yang ambil jurusan SI sih katanya SI lebih banyak pelajaran IPSnya daripada IPAnya, tapi gw nggak tau juga kurikulumnya gimana. Secara, gw cuma denger doang gitu loh. Kalo mau aman silakan googling.
*googling*

Oke, gw udah selesai googling. Dari link yang gw dapet ini, keliatannya nggak terlalu terbuang percuma juga kalo anak IPA masuk SI. Soalnya di situ ada aljabar linear, matematika diskrit, kalkulus, & statistika dasar. Sisanya? Emang kebanyakan pelajaran IPS sih. Tapi perasaan gw sih di kampus gw SI nggak ada kalkulus. Emang tiap universitas beda-beda sih biasanya. Jadi yang IPA & mau masuk SI, biar nggak rugi, ambillah yang paling bajak pelajaran itungan di kurikulumnya! Tambah susah sih iya, tapi nggak terlalu menyia-nyiakan pelajaran-pelajaran yang dipelajari dengan susah payah sampe nangis darah waktu mau UAN SMA kan? Tapi kalo gw sendiri sih gw lebih milih ngelupain pelajarannya daripada dipelajarin lagi. Kalo kata gw sih itu namanya mengulangi siksaan yang sama dengan yang pernah didapat sebelumnya.

Kalo orang yang udah netapin mau ngambil jurusan apa sebelum kelas 2 SMA, kayaknya nggak terlalu bermasalah ke depannya. Yang susah itu yang kalo sampe mau UAN masih belum tau mau ngambil apa. Apalagi yang sampe selesai UAN juga belom tau. Buat yang belum tau, ada 2 alternatif:

  1. Pikirin baik-baik apa yang diminatin & punya bakat apa aja, terus kira-kira sendiri kerjaan apa yang cocok. Jangan lupa googling. Ingat: GOOGLE TAHU SEGALANYA! GOOGLE ADALAH DEWA! SEMBAHLAH DIA! Oke, gw agak lebay. Tapi itu nggak salah kan (minimal kalimat pertamanya, Google tau nyaris semuanya)?
  2. Ikut-ikutan orang aja. Kedengerannya suram sih, tapi yang ngelakuin ini banyak kok. Asal pilih yang kira-kira masih kesampean aja. Jadi kalo nggak bisa biologi jangan ambil kedokteran & kalo nggak bisa matematika atau fisika jangan ambil arsitektur atau teknik sipil. Kasihanilah calon pasien/klien Anda.

Gimana habis baca ini? Masih bingung? Nggak bingung lagi? Bagus! Bagus kalo bisa nggak bingung. Yang nulis (baca: gw) aja bingung kok. Ya, tapi setidaknya gw udah di posisi cukup aman kalo soal jurusan. Soalnya gw udah dapet & udah jalan hampir 1 tahun ajaran. Gw sendiri sih udah netapin pilihan jurusan dari pas masuk SMA: TI & DKV. Tapi gara-gara nggak bisa masuk DKV & gara-gara gw demen komputer, ya gw pilih TI jadinya (biar kata gw kagak bisa matematika & di TI banyak pelajaran pake matematika). Simpel kan?

3 Responses to Bingung Milih Jurusan?

  1. Sudah terlambat, saya salah jurusan T_T

    Jurusan SMA dan tujuan kuliahnya gak nyambung

  2. yaya says:

    huh……
    aq kls 2 sma N jrusan IPA, aq bingung mw plih jrusan pha stelah lu2s ini…
    tolong dong bantu aq….

Leave a Reply

