Milih Distro Linux

Ini mungkin jadi masalah pertama orang yang mau mulai make Linux, & gw juga awal-awal mau mulai make Linux gw juga ngecek distro-distro yang ada dulu. Di mana kita bisa dapet info soal Linux? Paling gampang sih tanya temen yang udah make Linux, cuma masalahnya sih waktu gw mau mulai make Linux temen-temen gw nggak ada yang make Linux. Jadi, ada 1 cara yang bagus buat dilakuin: googling! Tapi ini post bukan cuma buat nyuruh orang googling doang, soalnya googling juga percuma & nggak ada gunanya kalo semua blog post & webpage yang ditampilin di Google cuma nyuruh googling doang.

Untuk langkah awal, lebih bagus cek DistroWatch, website yang isinya info tentang distro-distro OS yang open source (nggak cuma Linux, ada BSD & Solaris juga loh!). Udah buka? Cek aja page hit rankingnya, yang masuk 5 besar itu biasanya yang lumayan gampang dipake. Waktu gw buka sekarang & sebelum-sebelum ini sih biasanya 5 besar itu isinya Ubuntu, Linux Mint, Fedora, openSUSE, & Mandriva.

Pertimbangan yang bagus buat dipikir-pikir waktu milih distro itu:

  • User friendly atau nggak, soalnya nggak semua distro cukup user friendly buat orang yang baru pertama kali make (atau kerennya: n00b). Kalo soal user friendly sih Ubuntu yang paling terkenal, tapi kalo kata gw sih Linux Mint lebih user friendly lagi. Tapi yang lain (selain 5 besar DistroWatch tadi) juga banyak sih yang user friendly, misalnya BlankOn.
  • Spesialisasi dari distronya, ada distro yang punya spesialisasi buat desain, contoh: Ubuntu Studio. Ada yang buat penetration testing (baca: hacking), contoh: BackTrack. Ada juga yang buat warnet, contoh: Zencafe. Misalnya kalo perlu software buat desain, lebih bagus pilih yang emang dibuat spesialisasi buat desain, soalnya software-software buat desainnya udah lumayan lengkap yang pre-installed.
  • Supportnya, bisa technical support dari perusahaan atau community support dari komunitas user. Kalo technical support sih biasanya berbayar (kayaknya sih semuanya, soalnya belum pernah gw denger ada perusahaan yang ngasih gratis), kalo community support sih tinggal buka forum-forum Linux aja & tanya member di situ cara penyelesaian masalahnya.
  • Spesifikasi komputer yang mau diinstall Linux. Untuk komputer yang speknya lumayan bagus, bisa milih distro yang pake GNOME atau KDE, tampilannya oke, tapi agak berat (perlu RAM sekitar 256MB, tapi kalo dibandingin Windows Vista atau Windows 7 ini bisa dibilang ringan). Buat komputer yang rada jadul, bisa nyari distro yang make XFCE, Fluxbox, IceWM, LXDE, dll, yang lebih ringan dari GNOME & KDE.
  • Hardware yang disupport, kalau mau ngetes sih lebih bagus download CD image buat live CD & terus diburn ke CD & dicobain langsung di komputer, kalo semuanya jalan (wireless, graphic card, speaker, dll), berarti oke aja buat langsung dipake. Kalo ada yang nggak jalan tapi mau make distro itu? Nggak apa-apa juga sih, cobain aja googling atau tanya orang gimana caranya biar hardwarenya bisa berfungsi.

Gw sih pas milih distro gw milihnya Ubuntu. Alesannya? Simpel aja sih, gw milih bukan gara-gara user friendlynya, tapi lebih gara-gara jumlah usernya banyak, jadi gw pikir kalo ada masalah pasti banyak yang bisa bantuin. Tapi distro lain juga usernya cukup banyak buat ngebantu kalo ada masalah sih, jadi sebenernya nggak terlalu bermasalah. Alesan lain gw milih Ubuntu? Gara-gara gw suka baca Chickenstrip & kebetulan niwat0ri (yang punya itu blog) makenya Ubuntu, jadi gw cobain aja. Kalo aja waktu itu gw bacanya artikel tentang distro yang dipake Linus Torvalds, gw pasti milih Fedora & bukan Ubuntu. Gw milihnya nggak serius-serius amet sih, asal berfungsi aja.

Advertisements

One Response to Milih Distro Linux

  1. Pingback: Blog Copy Paste « I/O

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: