RAM

Yak, sesuai dengan judulnya, kali ini gw mau ngebahas tentang RAM. Langsung aja deh. Biasanya sih kalo ada orang yang pengen komputernya jalan lebih cepet, mereka nambahin RAMnya. Sebenernya sih fungsinya RAM bukan untuk bikin komputer jalannya lebih cepet, tapi emang ada pengaruh ke kecepatannya. Buat yang mikir kalo RAM itu gunanya buat bikin komputer tambah cepet, kagak salah-salah amet juga sih, tapi kagak bisa dibilang bener juga. Gw juga mikir begitu sampe gw dijelasin tentang cara kerja RAM sama dosen pas semester ini.

Buat yang belum tau, RAM itu singkatan dari Random Access Memory. Memory di RAM dibagi jadi 2, memory stack & heap. Nah, di bagian stack ini yang penting waktu mulai ngejalanin aplikasi. Pas aplikasi dimulai, otomatis pasti itu aplikasi makan tempat di stack. Memory stack yang dipake aplikasi itu baru bakal dibebasin kalo aplikasi yang dipake itu ditutup. Kalo memorynya udah dibebasin, memory yang udah bebas itu bisa dipake lagi buat aplikasi yang lain. Jadi makin gede memory stack yang ada & makin kecil memory stack yang diperluin buat 1 aplikasi, jadinya makin banyak aplikasi yang bisa dijalanin bersamaan.

Sekarang bagian heapnya. Memory di heap itu kepake kalo aplikasi yang kita jalanin perlu alokasi memory tambahan dari heap. Biasanya sih aplikasi itu dibikin sebisanya ngehemat memory di stack. Jadi, untuk bagian yang perlu memory agak lebih di RAM, aplikasi bakal pake memory heap dari RAM. Aplikasi itu bakal nyari alamat di memory heap yang masih kosong di RAM buat dipake, & kalo sisa memory RAMnya tinggal sedikit, aplikasinya bakal makan waktu lebih lama buat nyari alamat di heap yang masih kosong. Makanya kalo RAMnya gede komputernya berasa lebih kenceng jalannya. Memory heap itu baru bakal dibebasin kalo dibebasin sama aplikasinya. Jadi, kalo waktu aplikasinya diclose & masih ada alamat di memory heap yang belum dibebasin sama aplikasinya, alamat itu nggak bisa dipakai buat aplikasi-aplikasi yang jalan habis itu sampai komputernya direstart. Ini namanya memory leak. Kalo banyak alamat di heap yang nggak bisa dipake, ya pasti aplikasi yang jalan juga perlu waktu lebih buat nyari alamat yang bisa dipakai. Jadi kalo RAMnya gede, kalo kena memory leak terus juga masih bisa kenceng jalannya, soalnya masih banyak alamat memory di heap yang kosong habis kena memory leak itu.

Biar lebih ngerti soal stack & heap, gw jelasin pake program yang gw bikin sendiri aja. Klik di sini buat download (711 KB). Tenang aja, gw jamin aman & bebas virus. Maap kalo gamenya jelek, gw masih amatiran. Tapi yang penting bisa dipelajarin dulu.

Pas gamenya mulai, ada tampilan awal yang tulisannya “Simple Tic Tac Toe …” , lalu diminta buat masukin ukuran papan buat main & nama pemain. Nah, nama pemain (& beberapa variabel lain dalam programnya) itu disimpan di stack. Papan permainannya disimpan di heap. Data-data yang disimpan di memory stack itu pasti dibebasin pas itu program diclose. Untuk yang di memory heap, alamat memorynya baru bakal dibebasin waktu gamenya selesai, soalnya papan permainannya masih dibutuhin sampe ada pemain yang menang atau sampe semua kotak terisi. Jadi kalau programnya diclose di tengah-tengah permainan, alamat-alamat yang dipakai buat nyimpen data-data permainan di heap nggak sempet dibebasin dulu & jadi memory leak. Jadi, untuk nyegah memory leak di itu program, caranya cuma mainin sampe selesai atau close programnya sebelum ukuran papan permainannya ditentuin. Soalnya memory heapnya baru dialokasiin waktu pemain udah masukin ukuran papan permainannya.

Jadi kira-kira begitu deh soal RAM. RAMnya sendiri sih bukan buat bikin kerja komputer jadi lebih cepet, tapi emang ada pengaruhnya buat ngejalanin aplikasi. Kalo buat mempercepat proses di komputer, itu kerjanya processor. Makin tinggi clock speednya, makin cepet kerjanya. Jadi kalo mau komputer yang kerjanya cepet, nggak usah nyari yang RAMnya tinggi-tinggi amet, cukup 1-2 GB aja udah cukup buat kebanyakan orang. Kalo gamer sih mungkin perlu sampe 4 GB. Cari aja yang clock speed processornya tinggi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: