Harusnya Ini Post Tentang Fedora 13

Tapi berhubung Fedora 13 yang gw download kemarin nggak mau keinstall di VirtualBox, ya terpaksa kagak jadi ngebahas Fedora 13. Soalnya pas gw jalanin dari CD image live CDnya & milih buat nginstall, installernya kagak jalan-jalan. Sama kayak masalah gw dulu waktu mau nginstall Fedora 12 di VirtualBox. Gw lupa masalahnya asma persis apa nggak, tapi intinya sih sama-sama kagak mau keinstall. Jadinya gw jalanin dari CD image aja nyobainnya. Padahal menurut release notesnya, di repositorynya ada software buat penetration testing, & gw pengen nyobain itu. Tapi gw masih betah make Ubuntu & belum mau ganti, jadi mungkin kapan-kapan aja gw cobain deh.

Oke, ini post kagak jadi ngebahas Fedora 13. Kali in gw bakal nyerocos soal game The Sims 3 yang gw jalanin di laptop gw yang kekurangan RAM. RAM laptop gw sih 1 GB, & kebanyakan game-game PC yang sekarang perlu RAM paling nggak 2 GB. Mungkin gara-gara game yang makin lama makin rakus RAM itu Alienware dibuat. Secara, semua komputer Alienware yang gw liat sampe detik ini punya RAM gila-gilaan sampe 4 GB. Btw, The Sims 3nya gw dapet dari sepupu gw yang pake laptop persis sama dengan punya gw. Cuma speknya beda dikit, processor gw Core 2 Duo 2,2 GHz sementara punya dia Core 2 Duo 2,1 GHz & hard disk gw 160 GB sementara punya dia 320 GB (yang ini bedanya jauh yak?).

Ditulis di ReadMe-nya, The Sims 3 perlu RAM minimal 1 GB untuk Windows XP. Masalahnya, laptop gw make Windows 7. Ada komputer desktop tua di ruang tengah yang dual boot Linux Mint 9 & Windows XP SP3, RAMnya juga ada 1 GB, tapi VGAnya jadul & gw yakin kalo dipake main The Sims 3 bakal ngelag dewa. Di laptop gw juga ngelag sih gara-gara RAMnya. Kalo Windows XP sih buat jalan OSnya doang perlu RAM sekitar 256 MB, sementara Windows 7 kalo pake Windows Aero bakal makan RAM sekitar 550 MB. Jadi gw harus matiin Aeronya & pasang tampilan Windows Classic biar penggunaan RAMnya bisa berkurang (berkurang sekitar 80-100 MB pas ganti theme dari Windows Aero ke Windows Classic). Settingan tampilan di gamenya juga udah gw setting ke yang paling rendah semua. Hasilnya? Lumayan, bisa gerak biar masih ngelag. Soalnya pas gamenya dijalanin pemakaian RAM langsung naik dari sekitar 470 MB jadi sekitar 950 MB. Tapi masih jauh lebih mendingan daripada pas Aeronya dinyalain & settingan tampilannya pake settingan default, soalnya nyaris kagak gerak layarnya pas dimainin gara-gara ngelag.

Padahal 2 tahun yang lalu pas gw masih kelas 2 SMA RAM 1 GB itu udah lumayan bagus buat main game. Sekarang kayaknya RAM 1 GB itu kecil bener yak.

Ah ya, sedikit update. Habis gw ngabisin waktu merhatiin pemakaian RAM di Windows 7, RAMnya kepake sekitar 550 MB cuma waktu baru startup aja, waktu udah agak lama pemakaian RAMnya turun sendiri ke sekitar 380 MB (kalo nggak ada aplikasi yang aktif selain Task Manager), & habis gw coba-coba lebih jauh, ternyata theme nggak ngaruh ke pemakaian RAM (mungkin ada, tapi sedikit banget, nggak nyampe 80 MB kayak yang tertulis di atas).

Advertisements

6 Responses to Harusnya Ini Post Tentang Fedora 13

  1. itachi says:

    kenapa bisa meleset gitu? 😛

    • devsda1 says:

      kalo maksudnya soal RAM windows, gara2 gak begitu sering make windows 7 & kurang merhatiin prosesnya selama make =))

      kalo maksudnya soal dari fedora 13 ke the sims 3, itu kesalahan teknis =))

  2. arvianata says:

    hehehe…melesetnya jauh……aku kira nuy tutorial tentang fedora 13….ternyata malah mbahas masalah sims 3.. tapi bagus kok..artikelnya menghibur…btw fedora 13 kan ada live cd nya??? knapa gak coba live cdnya aja kak?

    • devsda1 says:

      kalo pake live CD berarti perubahan yg gw lakuin ke OSnya gak kesave, padahal gw perlu nginstall beberapa aplikasi buat bisa gw pake. gara2 nggak mau keinstall di virtualbox, jadinya harus diinstall ke flash disk atau hard disk dulu.

  3. arvianata says:

    hmm…..beli harddisk lagi aja…hehehe…ntar fedoranya diinstal dsitu….

    • devsda1 says:

      ide bagus, sayangnya gw mahasiswa super bokek yang pengangguran =))
      paling dapet tambahan kalo diminta orang ngebenerin komputernya, itu juga kalo dibayar (kebanyakan sih kagak bayar, cukup bilang makasih doang) =))

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: