Blog Copy Paste

Oke, semuanya dimulai pas gw ngeliat link possibly related posts di post gw yang ngebahas tentang cara milih distro Linux. Di possibly related postsnya ada postingan gw yang judulnya “Mau Jadi Hacker? Hacker yang Mana?” Nah, itu sih udah biasa & normal aja pas gw liat. Tapi pas gw liat link-link yang di bawahnya, salah satunya ada post yang judulnya persis sama, tapi dari blog lain. Pas gw buka & cek, ternyata isinya sama persis dengan postingan yang gw bikin. Nggak ada bagian yang diubah sama sekali. Pas gw ngecek-ngecek itu post, gw liat ada link di possibly related posts di blog itu yang judulnya sama persis sama postingan gw ini. Ternyata udah ada 2 postingan gw yang dicopas & dipost di situ. Kagak ngasih link ke sumbernya pula.

Oke, gw sih kagak kaget-kaget amat ngeliat postingan gw dicopas di blog orang. Mungkin emang gara-gara gw udah kebiasa juga pas googling buat nyari info nemu link ke beberapa blog post yang isinya persis sama. Tapi bukan berarti gw nggak keberatan postingan gw dicopas begitu aja lah. Oke, ini bukan pertama kalinya postingan di blog gw dicopas sama orang. Di blog gw yang lama juga pernah ada beberapa postingan yang dicopas, tapi gw nggak terlalu bermasalah dengan itu, soalnya yang ngopas ngasih link ke blog post gw yang dia copas di bagian pojok atas postingan copasnya. Jadi minimal yang baca itu tau kalo gw yang nulis itu post, biar kata trafficnya yang dapet yang ngopas itu. Read more of this post

Linux Mint 9

Gw baru aja ganti dari Linux Mint 8 ke Linux Mint 9 kemarin pake installer yang ada di dalam live CDnya. Bukan Mint4Win, tapi installer yang ada di desktop kalo ngeboot dari live CD. Gw sih nggak tau gimana cara upgrade langsung dari Linux Mint 8 ke Linux Mint 9 yang kayak kalo Ubuntu bisa upgrade lewat Update Manager. Sebenernya sih gw pernah baca caranya, tapi udah lupa. & Berhubung gw mau ngeformat ulang komputernya, sekalian aja gw clean install.

Instalasinya sih makan waktu sekitar 15-30 menit,kalo bagian yang download language packnya diskip. Gw install Mint 9 dual boot sama Windows XP SP2 yang gw install di hari yang sama juga, tapi gw lebih seneng pas nginstall Mint. Soalnya kagak banyak macem-macemnya, semua driver udah kedetect, aplikasi-aplikasi udah lengkap. Pas nginstall XP gw masih perlu ngebongkar CPU buat ngambil CD driver yang ditaruh di dalem CPU sama yang ngerakit komputer gw 6 (apa 7 yak?) tahun yang lalu sih. Read more of this post

Mau Keliatan Keren?

Orang mana juga kayaknya kalo ditanya pengen jadi keren apa nggak, jawabannya udah pasti: ya. Kalo ada orang yang jawabannya ‘nggak’, ada dua kemungkinan: dalam hati dia masih kayak kebanyakan orang & bilang ‘ya’, atau dalam hatinya dia malah mikirin yang nggak ada hubungannya (ini proses yang terjadi di dalam hati & otak pasien RSJ Grogol kalo ditanya).

Sekarang mari kita kira-kira sendiri apa yang bakal dibilang orang lain kalo kita nanya ke mereka, “Eh, menurut lu gw keren gak sih?” Gw yakin orang normal bakal jawab, “Nggak.” Soalnya belom pernah ada orang normal yang jawab iya kalo gw tanyain pertanyaan itu ke mereka. Nah, apa Anda termasuk orang-orang kurang beruntung yang jawabannya selalu ‘nggak’ tiap kali nanyain itu pertanyaan? Kalo ya, Anda berada di blog post yang tepat! Read more of this post

Cara Memilih Password Dengan Baik Dan Benar

Terinspirasi dari obrolan orang-orang soal hacking Facebook tadi & buntut-buntutnya jadi ngomongin password, sekarang gw mau nulis soal password. Milih password sih biasanya asal-asalan aja juga bisa, jarang juga orang yang kena hack pake password asal-asalan. Gw pas awal-awal internetan make password gampang jebol (8 karakter huruf semua) sampe gw ganti password-passwordnya sama yang lebih bagus juga belum pernah jebol. Anggep aja masalah kena hack itu hoki-hokian doang, kalo lagi amsyong ya kena hack. Tapi buat account-account penting, bagusnya pake password yang rada kuat.

Milih passwordnya sih harus tetep gampang diinget & nggak nyusahin kita sendiri. Password yang panjangnya sampe 50 karakter jelas nyusahin pas diketiknya, belum lagi kalo ada website yang ngebatasin jumlah karakter maksimum di password yang kita pake (gak tau kalo sekarang masih ada apa nggak, dulu sih ada). Tapi passwordnya harus dibikin biar susah dihack. Read more of this post

Silakan Ganti Judulnya Sesuai Dengan Nama Sekolah Masing-Masing

Ini cuma puisi (atau sajak? Gak taulah apa namanya) iseng yang gw bikin dulu waktu baru mulai kuliah gara-gara adek gw minta dibantuin buat PR Bahasa Indonesianya. Akhirnya sih gak dipake gara-gara terlalu nekat kalo buat anak kelas 1 yang belum 1 semester sekolah ngasih puisi kayak gini buat tugas Bahasa Indonesia ke guru yang terkenal cukup galak di kalangan murid-murid. Sebenernya sih kalo kata gw nggak kenapa-kenapa sih kalo dikumpulin juga, soalnya gw yakin guru Bahasa Indonesia yang ngajar adek gw itu tau kalo gw yang bikin. Secara, gw terkenal di kalangan guru bahasa (Bahasa Indonesia & Bahasa Inggris) suka bikin karangan yang aneh-aneh kalo lagi ngarang. Read more of this post

Milih Distro Linux

Ini mungkin jadi masalah pertama orang yang mau mulai make Linux, & gw juga awal-awal mau mulai make Linux gw juga ngecek distro-distro yang ada dulu. Di mana kita bisa dapet info soal Linux? Paling gampang sih tanya temen yang udah make Linux, cuma masalahnya sih waktu gw mau mulai make Linux temen-temen gw nggak ada yang make Linux. Jadi, ada 1 cara yang bagus buat dilakuin: googling! Tapi ini post bukan cuma buat nyuruh orang googling doang, soalnya googling juga percuma & nggak ada gunanya kalo semua blog post & webpage yang ditampilin di Google cuma nyuruh googling doang.

Untuk langkah awal, lebih bagus cek DistroWatch, website yang isinya info tentang distro-distro OS yang open source (nggak cuma Linux, ada BSD & Solaris juga loh!). Udah buka? Cek aja page hit rankingnya, yang masuk 5 besar itu biasanya yang lumayan gampang dipake. Waktu gw buka sekarang & sebelum-sebelum ini sih biasanya 5 besar itu isinya Ubuntu, Linux Mint, Fedora, openSUSE, & Mandriva. Read more of this post

Bingung Milih Jurusan?

Buat anak-anak kelas 1 SMA mungkin pada bingung mau masuk IPA atau IPS, atau yang kelas 2 mulai bingung mau masuk jurusan apa pas kuliah, atau malah yang kelas 3 sekarang habis lulus belom tau mau milih jurusan apa & lagi nyari-nyari bahan. Oke, gw yakin kalo buat anak kelas 1 nggak sebingung itu, soalnya pilihannya emang cuma ada dua biji (mungkin juga ada tambahan pilihan: bahasa), & biasanya sih anak-anak yang ngerasa alim & sering jadi korban dibully anak-anak laen milih IPA buat menghindar dari preman-preman sekolah. Tapi jangan salah, preman juga bisa masuk IPA loh! Gak percaya? Bener, kok. Buktinya pas gw SMA anak yang paling terbully di angkatan gw itu anak IPS & yang ngebully sekelompok anak IPA (apa gw termasuk? Tanyakan saja ke korbannya dia merasa gw bully apa nggak, kalo gw sih merasa ikut ngebully dia). Yah, normalnya sih anak IPS ngebullynya lebih parah, tapi buat 1 kali ini sih kasusnya dia dibully anak IPA, & lebih parah daripada pas dibully anak IPS. Read more of this post